Sabtu, 26 Maret 2011

BOLAVOLI

PERMAINAN MEMANTULKAN BOLA JANGAN SAMPAI BOLA MENYENTUH LANTAI ATAU LAPANGAN DAN BERUSAHA MENYEBRANGKAN BOLA KE REGU LAWAN MELALUI ATAS NET

TUJUAN :
TUJUAN YANG HENDAK DICAPAI OLEH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI DI SEKOLAH KHUSUSNYA ASPEK PSIKOMOTORIK ADALAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ATAU KETERAMPILAN MANIPULASI.

GERAKAN DALAM BOLAVOLI
> KETERAMPILAN MANIPULASI
KHUSUSNYA KETERAMPILAN TUBUH/ ANGGOTA TUBUH UNTUK MENGONTROL SUATU BENDA YANG BERGERAK (MISAL : BOLA)

> MENGONTROL BENDA/BOLA
DENGAN CARA DIPANTULKAN OLEH TUBUH TERMASUK SELURUH ANGGOTA TUBUH


> CIRI UTAMA BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI ADALAH LATIHAN MEMANTUL-MANTULKAN BOLA

PERLENGKAPAN BOLAVOLI
BOLAVOLI DI DEFINISIKAN SEGALA SESUATU YANG MEMILIKI CIRI-CIRI SEBAGAI BERIKUT :
  1. BUNDAR
  2. MUDAH DIPANTULKAN
  3. RINGAN
  4. TIDAK BERISIKO CEDERA
  5. MURAH MUDAH DIDAPAT
  6. DAN DIREKAYASA/MODIFIKASI

LAPANGAN HARUS DI DEFINISIKAN SEBAGAI TEMPAT UNTUK BERLATIH
SYARAT UTAMA AMAN

PEMBELAJARAN BOLAVOLI
  • PERMAINAN BOLAVOLI ADALAH PERMAINAN YANG MENARIK
  • ADA UNSUR KEGEMBIRAAN
  • ADA UNSUR KERJASAMA
  • ADA UNSUR SOSIAL
GERAK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI
  • MEMAINKAN BOLA DENGAN DUA TANGAN DI ATAS BERPEGANGAN
  • MEMAINKAN BOLA DUA TANGAN DI ATAS DENGAN TERBUKA
  • MEMAINKAN/MEMANTULKAN BOLA DENGAN DUA TANGAN DI BAWAH
  • MEMAINKAN/MEMANTULKAN BOLA DENGAN SATU TANGAN DI BAWAH
  • MEMAINKAN/MEMANTULKAN BOLA DENGAN SATU TANGAN DI ATAS
Peralatan Bola Voli
Dimodifikasi
  1. Lapangan
  2. Bola
  3. Peraturan
  4. Jumlah pemain
  5. Strategi Pembelajaran/Latihan
Pembelajaran Bola Voli
Metode
  1. Bermain
  2. Gerak dominan
  3. Taktis
  4. Teknis
  5. Drill
Strategi
  1. Individual
  2. Berpasangan
  3. Kelompok/Tim
Pendekatan Pembelajaran
Pendidikan Jasmani

  1. Dalam pembelajaran dilaksanakan melalui bentuk-bentuk permainan yang unsur gerakannya sesuai dengan unsur gerak pokok materi yang diajarkan.
  2. Melibatkan partisipasi seluruh siswa
  3. Menciptakan kegiatan belajar yang menarik minat siswa dalam suasana riang gembira.
  4. Mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasaran serta mengembangkan media pembelajaran pendidikan jasmani.
  5. Metode Pengajaran :
a.Memperhatikan urutan pelaksanaan :
* dari yang mudah ke yang sukar
* dari yang sederhan ke yang komplek
* dari dekat ke jauh
* dari rendah ke yang tinggi.
b.Memperhatikan cara pelaksanaan
* menirukan
* latihan
* perlombaan atau pertandingan
* test keterampilan
c.Memperhatikan variasi pelaksanaan kegiatan
* maju mundur
* kanan kiri menyerong
* pelan cepat lebih cepat
d.Memperhatikan bentuk pelaksanaa :
* perorangan
* berpasangan
* beregu atau kelompok
* klasikal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar