TUJUAN :
TUJUAN YANG HENDAK DICAPAI OLEH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI DI SEKOLAH KHUSUSNYA ASPEK PSIKOMOTORIK ADALAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ATAU KETERAMPILAN MANIPULASI.
GERAKAN DALAM BOLAVOLI
> KETERAMPILAN MANIPULASI
KHUSUSNYA KETERAMPILAN TUBUH/ ANGGOTA TUBUH UNTUK MENGONTROL SUATU BENDA YANG BERGERAK (MISAL : BOLA)
> MENGONTROL BENDA/BOLA
DENGAN CARA DIPANTULKAN OLEH TUBUH TERMASUK SELURUH ANGGOTA TUBUH
KHUSUSNYA KETERAMPILAN TUBUH/ ANGGOTA TUBUH UNTUK MENGONTROL SUATU BENDA YANG BERGERAK (MISAL : BOLA)
> MENGONTROL BENDA/BOLA
DENGAN CARA DIPANTULKAN OLEH TUBUH TERMASUK SELURUH ANGGOTA TUBUH
PERLENGKAPAN BOLAVOLI
BOLAVOLI DI DEFINISIKAN SEGALA SESUATU YANG MEMILIKI CIRI-CIRI SEBAGAI BERIKUT :
LAPANGAN HARUS DI DEFINISIKAN SEBAGAI TEMPAT UNTUK BERLATIH
BOLAVOLI DI DEFINISIKAN SEGALA SESUATU YANG MEMILIKI CIRI-CIRI SEBAGAI BERIKUT :
- BUNDAR
- MUDAH DIPANTULKAN
- RINGAN
- TIDAK BERISIKO CEDERA
- MURAH MUDAH DIDAPAT
- DAN DIREKAYASA/MODIFIKASI
LAPANGAN HARUS DI DEFINISIKAN SEBAGAI TEMPAT UNTUK BERLATIH
SYARAT UTAMA AMAN
PEMBELAJARAN BOLAVOLI
PEMBELAJARAN BOLAVOLI
- PERMAINAN BOLAVOLI ADALAH PERMAINAN YANG MENARIK
- ADA UNSUR KEGEMBIRAAN
- ADA UNSUR KERJASAMA
- ADA UNSUR SOSIAL
- MEMAINKAN BOLA DENGAN DUA TANGAN DI ATAS BERPEGANGAN
- MEMAINKAN BOLA DUA TANGAN DI ATAS DENGAN TERBUKA
- MEMAINKAN/MEMANTULKAN BOLA DENGAN DUA TANGAN DI BAWAH
- MEMAINKAN/MEMANTULKAN BOLA DENGAN SATU TANGAN DI BAWAH
- MEMAINKAN/MEMANTULKAN BOLA DENGAN SATU TANGAN DI ATAS
Dimodifikasi
- Lapangan
- Bola
- Peraturan
- Jumlah pemain
- Strategi Pembelajaran/Latihan
Metode
- Bermain
- Gerak dominan
- Taktis
- Teknis
- Drill
- Individual
- Berpasangan
- Kelompok/Tim
Pendekatan Pembelajaran
Pendidikan Jasmani
Pendidikan Jasmani
- Dalam pembelajaran dilaksanakan melalui bentuk-bentuk permainan yang unsur gerakannya sesuai dengan unsur gerak pokok materi yang diajarkan.
- Melibatkan partisipasi seluruh siswa
- Menciptakan kegiatan belajar yang menarik minat siswa dalam suasana riang gembira.
- Mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasaran serta mengembangkan media pembelajaran pendidikan jasmani.
- Metode Pengajaran :
* dari yang mudah ke yang sukar
* dari yang sederhan ke yang komplek
* dari dekat ke jauh
* dari rendah ke yang tinggi.
b.Memperhatikan cara pelaksanaan
* menirukan
* latihan
* perlombaan atau pertandingan
* test keterampilan
c.Memperhatikan variasi pelaksanaan kegiatan
* maju mundur
* kanan kiri menyerong
* pelan cepat lebih cepat
d.Memperhatikan bentuk pelaksanaa :
* perorangan
* berpasangan
* beregu atau kelompok
* klasikal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar